INI DIA, GAJI PEGAWAI NEGERI DI JEPANG

Sudah mejadi kegiatan rutin saya setiap hari Selasa sore yakni mengikuti kursus bahasa Jepang gratis yang diadakan oleh city hall/ shiminkan salah salah satu wilayah di Kawasaki. Setiap pertemuan biasanya tenaga volunter pengajar bahasa membawa satu atau beberapa topik yang akan digunkan sebagai bahan pembicaraan. Saya sangat senang karena dari diskusi ini banyak informasi yang saya peroleh berkenaan dengan kehidupan di Jepang dari sensei. Salah satu sensei saya tahun ini menurut saya memiliki wawasan yang sangat luas, begitu juga dengan pengalaman hidup. Dia yang saat ini telah berusia 72 tahun semasa produktifnya pernah bekerja di beberapa negara dan juga sempat ke Indonesia untuk urusan pekerjaan. Menurutnya jabatan terakhirnya adalah Auiditing director.

Hari Selasa kemarin sensei membawa sebuah koran terbitan pemerintah kota Kawasaki tertanggal 1 November 2011.  Salah satu halaman koran tersebut memuat informasi tentang gaji pegawai negeri di kota Kawasaki dan juga pegawai pemerintah pusat. Menurut sensei tadi topik ini selalu dia bawa ke kelas setiap tahunnya dan menurutnya lagi topik itu pula selalu menarik perhatian anggota kelas. Dan saya termasuk yang sangat tertarik dengan informasi tersebut. Berikut beberapa point penting yang ada di dalam koran tersebut :

  1. Untuk fresh graduate universitas besarnya gaji bulanan adalah 201.152 yen ( Kawasaki ), 202.944 yen ( Pegawai negara Jepang ).
  2. Fresh graduate sekolah menengah atas 161.840 yen ( Kawasaki ), 156.912 ( Jepang )
  3. Untuk pegawai general yang saat ini usianya rata-rata 40 tahun bergaji 323.284 yen  yang bila termasuk bonus menjadi 464.058 yen ( Kawasaki ) sedangkan untuk pegawai teknikal 323.034 yen dan jika diperhitungkan dengan bonus menjadi 419.056 yen ( Kawasaki ).
  4. Bonus tahunan kira-kira 3 sampai 4 kali gaji bulanan
  5. Selain gaji bulanan, seorang pegawai juga menadapatkan sejumlah tunjangan seperti tunjangan suami/ istri 15.300 yen per bualan, tunjangan anak 6.800 yen, tunjangan khusus bagi pegawai yang tinggal di daerah lain, tunjangan rumah, serta tunjang transportasi.
  6. Ketika pensiun ( usia 60 tahun ), seorang pegawai akan mendapat uang pesangon sebesar 26.650.000 yen

Sedangkan gaji bulanan wali kota kawasaki adalah 1.250.000 yen. Gaji tersebut merupakan gaji pegawai berstatus pegawai pemerintah. Sedangkan gaji pegawai swasta bisa bervariasi tergantung kepada besar kecilnya perusahaan tempat mereka bekerja. Bisa lebih besar atau lebih kecil dibandingkan gaji pegawai pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: