DUH ENAKNYA BERSANTAI DENGAN KELUARGA DI KOEN JEPANG

Bisa dibilang bahwa hampir tiap akhir minggu atau yang oleh orang Jepang disebut shuumatsu, kami sekeluarga isi dengan kegiatan jalan-jalan untuk sekedar menyegarkan jiwa kami. Jangan dibayangkan bahwa kami pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yang jauh karena untuk melakukan itu pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jalan-jalan ke tempat-tempat yang dekatpun cukuplah untuk kami menikmati akhir pekan di Jepang. Salah satu tempat yang manjadi favorit kami terutama bagi anak-anak kami yang kebetulan masih sangat senang dengan kegiatan bermain adalah taman terbuka atau sudah biasa kami sebut dengan koen. Yaa, koen menjadi salah satu tempat yang bisa digunakan untuk melakukan rekreasi keluarga.

Mencari koen di Jepang khususnya di daerah tempat tinggal kami di Kawasaki dan Yokohama area tidaklah sulit. Saya rasa hal yang sama juga berlaku secara umum di Jepang. Situasi yang jauh berbeda saya rasakan ketika masih di Jakarta sebelum studi ke Jepang saat ini. Waktu itu rasanya sulit sekali bagi kami menemukan taman-taman terbuka sejenis yang bisa dibuat untuk tempat duduk-duduk santai bersama anggota keluarga. Segera melintas dalam benak saya dan istri, ketika kami lebih sering jalan-jalan ke mall sewaktu di Jakarta dulu walaupun hanya sekedar makan siang di KFC atau restoran sejenis atau kadang-kadang menonton di bioskop. Rasanya waktu itu sangat jarang sekali kalau tidak bisa mengatakan tidak pernah, menikmati liburan keluarga di taman. Karena beberapa kali kami pernah ke Ancol, taman mini ataupun Ragunan, Tetapi untuk masuk ke taman-taman tersebut kita harus menyiapkan uang untuk membeli tiket.

Di Jepang, kami begitu mudah menemukan koen-koen yang nyaman. Koen-koen dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil, sedang sampai yang besar. Koen-koen yang bisa kami nikmati dengan gratis. Koen-koen yang ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat untuk sekedar bermain-main bersama anggota keluarga seperti main badminton, base ball, sepak bola di atas lapangan rumput yang menghijau. Dan hari Sabtu kemarin, saya sekeluarga serta keluarga teman menikmati kegembiraan di salah satu koen yang ternyata lokasi cukup dekat dengan rumah kami. Koen yang cukup besar yang untuk mencapainya kami tidak perlu menggunakan kendaraan karena bisa dicapai dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Sebenarnya koen-koen dengan ukuran lebih kecil juga aa bersis di lokasi rumah kami. Koen yang sebenarnya juga cukup bagi anak-anak kami untuk sekedar bermain perosotan, ayunan dan lain sebagainya. Tapi yang namanya manusia, selalu saja kami ingin mencoba sesuatu yang lain dan baru.

Ingin rasanya kami berlama-lama duduk di atas tikar yang kami gelar di koen tersebut. Tapi sayang malam yang segera akan menjelang memaksa kami untuk pulang. Udara yang sejuk kemarin membuat kami betah bermain-main di koen itu. Yaa, udara musim gugur memang enak dirasakan. Enak untuk melakukan aktivitas outdor. Saya bisa melihat kegembiraan yang dipancarkan di wajah anak-anak kami. Gembira karena mereka bisa berlari ke sana ke mari dan melakukan berbagai macam permainan yang mereka suka. Bereka bermain base ball yang merupakan olah raga paling banyak dimainkan di Jepang, badminton, sepak bola, dan lain-lainya. Sungguh asyiiik bersantai bersama keluarga di koen-koen yang ada di Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: