BEGINI CARA ORANG JEPANG MEMBUANG SAMPAH

            Teratur dan detil sepertinya telah menjadi darah daging bagi orang Jepang. Telah menjadi salah satu ciri bagi Kaisar Akihito dan rakyatnya. Barang kali ini pula yang menjadi salah satu penyebab majunya negeri ini sejajar dengan bangsa-bangsa Eropa. Yaa, salah satu aktivitas yang menggambarkan betapa teratur dan detilnya mereka adalah dari cara mereka mengelola pembuangan sampah. Sebagimana kita ketahui bersama bahwa hidup kita takkanbisa lepas dari yang namanya sampah. Bersih bukan berarti kita tidak pernah bersinggungan dengan sampah melainkan bersih adalah bagaimana cara kita bisa mengelola sampah tersebut sehingga tidak menimbulkan masalah. Berikut beberapa fakta tentang cara orang Jepang memperlakukan sampah

  1. Orang      Jepang mengelompokkan sampah-sampah mereka menjadi beberapa jenis, antara      lain sampah rumah tangga ( sisa-sia bahan masakan, kertas-kertas yang      sudah kotor, dll ), sampah-sampah berbahan plastik, sampah-sampah botol      dan kaleng, sampah-sampah khusus seperti alat-alat rumah tangga ( wajan,      penggorengan, radio, televise, lemari es, dll ) yang bereka bagi lagi      berdasarkan ukurannya ( besar dan kecil ).
  2. Orang      Jepang menetapkan jadwal pembuangan sampah dalam setiap Minggunya.      Misalnya di daerah tempat saya tinggal, sampah rumah tangga dibuang tiga      kali dalam seminggu ( Selasa, Kamis dan Sabtu ). Hari Senin adalah waktu      untuk membuang sampah-sampah kertas. Hari Rabu adalah waktu untuk membuang      sampah-sampah botol plastic, kaleng dan botol-botol kaca yang masing-masing      dikelompokkan berdasarkan jenisnya masing-masing. Sementara hari Jum’at      minggu ke-2 dan ke-4 setiap bulannya merupakan saat untuk membuang      alat-alat rumah tangga khusus. Hari Minggu adalah hari dimana tempat      pembuangan sampah menikmati kebersihannya alias tidak ada pembuangan      sampah. Sampah-sampah tersebut dijadwal secara tertulis agar ditaruh      ditempat pembuangan sampah sementara setiap harinya antara pukul 8 sampai      9 pagi. Jadi dihimbah untuk tidak membuang sampah di malam harinya. Memang      dari pengalaman saya pukul 8 – 9 ini tidaklah saklek dilaksanakan.      Misalnya banyak juga orang Jepang yang mulai menaruh sampahnya lebih awal.      Sementara datangnya truk pembuang sampah menandakan akhir pembuangan      sampah pada hari tersebut.
  3. Sudah      menjadi kebiasaan orang Jepang yaitu mereka membuang sampahnya dengan      rapi. Sampah-sampah dibungkus dengan plastik transparan ( tidak gelap ).      Sampah kertas dibuang dalam wadah kertas seperti kantung kertas bekas      belanjaan. Buku-buku bekas atau Koran mereka ikat dengan apik, dan lain      sebagainya. Kebiasaan ini membuat tempat-tempat sampah di Jepang bebas      dari bau.
  4. Untuk      membuang sampah yang berukuran besar, kita harus membayar uang daur      ulangnya. Biasanya sampah yang berukuran di atas 30 cm. Misalnya untuk      membuang kipas angin yang cukup besar ataupun sepeda, orang jepang harus      membeli stiker yang menurut sensei saya bisa dibeli di kombini store      seharga 500 yen.
  5. Pada      masa libur panjang seperti libur tahun baru dan Golden week yang lamanya      hampir satu minggu, pembuangan sampah ditiadakan dan biasanya telah      diinformasikan melalui website pemerintah setempat. Pada sat ini      tempat-tempat pembuangan sampah sementara biasanya ditutup misalnya dengan      menutup dan mengikatkan jarring tali penutup bak sampah sehingga      sampah-sampah tidak bisa dibuang dan dimasukkan kesana.
  6. Bak      sampah/ tempat pembuangan sampah sementara bersama banyak tersebar di      dekat hunian masyarakat.

Memang banyak yang harus kita pelajari dari neregi sakura ini. Salah satunya adalah cara membuang sampah mengingat sampah di Negara kita terutama di kota-kota besar masih merupakan masalah yang belum terselesaikan.Kotabesar sepertiJakarta,Bandung,Surabayadan kota-kota lainnya hendaknya bisa mengambil contoh dari orang Jepang. Sehingga kita nantinya bisa menikmatikotaJakarta, ataukotaBandungyang bersih dan bebas dari bau-bau yang tidak sedap.

4 Tanggapan to “BEGINI CARA ORANG JEPANG MEMBUANG SAMPAH”

  1. i’ll try what u are said. thank’s sob.

  2. 654123abc Says:

    don’t forget them

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: