ANAK-ANAK DI JEPANG MENDAPAT UANG TUNJANGAN DARI PEMERINTAH

              Pagi ini saya kembali menemani teman yang keluarganya baru datang dari Indonesia. Tempat yang kami datangi adalah City hall yaitu kantor tempat pengurusan segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi penduduk. Tujuan kami ke sana adalah untuk melaporkan diri sebagai pendatang bagi anggota keluarga teman tersebut. Ada form yang harus diisi yang informasinya disajikan dalam bahasa Jepang dan Bahasa Inggris. Form tersebut berisi tentang informasi diri bagi pendatang yang akan bermukim di Jepang seperti nama, seputar paspor, keluarga dan lainnya. Untuk keperluan ini maka kita perlu membawa paspor dan pasfoto sebanyak 2 lembar khusus untuk dewasa. Setelah form pertama selesai diisi, petugas memberikan lembar tanda terima yang menginformasikan bahwa kartu identitas ( KTP ) akan selesai dalam waktu satu bulan berikutnya. Lembaran tersebut beserta paspor harus dibawa saat pengambilan KTP nantinya.

              Setelah urusan KTP selesai, kami langsung menanyakan tentang tunjangan anak yang kebetulan juga ditangani oleh bagian yang sama. Tanpa banyak tanya, petugas tersebut langsung memberikan satu lembar form lagi yang harus diisi. Untuk keperluan transfer uang tunjangan tersebut, kita diminta memberikan nomor rekening bank yang kita miliki. Selanjutnya kepada kami diinformasikan bahwa tunjangan anak tersebut akan bisa diterima pada bulan Oktober depan. Tunjangan dibayarkan tiga kali setahun yakni bulan Februari, Juni dan Oktober. Besarnya tunjangan anak tersebut yaitu 13.000 yen per anak ( setara dengan 1,3 juta rupiah ) per bulan. Jumlah ini naik dari sebelumnya yang besarnya 5.000 yen untuk anak berusia 2 tahun ke atas. Anak teman saya saat ini berusia 6 dan 9 tahun.

              Setelah dua urusan tersebut di atas selesai, maka kami selanjutnya berpindah kebagian yang mengurus asuransi kesehatan yang berada di lantai yang sama. Dengan menyerahkan berkas yang baru diterima di bagian pengurusan KTP, permohonan kami segera diproses dengan terlebih dahulu mengisi sebuah form. Tidak terlalu lama waktu yang diperlukan oleh petugas tersebut untuk membuat/mencetak kartu asuransi atas nama tiga orang anggota keluarga teman saya. Untuk ketiga urusan tersebut, kami menghabiskan waktu kira-kira 2 jam di kantor tersebut. Lamanya waktu yang dibutuhkan ini tentunya bisa lebih pendek jika kita lancer berbahasa Jepang, tidak seperti saya dan teman saya tersebut.

              .

             

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: