TIPS BERWISATA HEMAT DI TOKYO DAN SEKITARNYA

Saya betul-betul ingin memanfaatkan kesempatan yang saya terima saat ini yaitu kesempatan tinggal di Jepang. Kesempatan ini ingin saya isi dengan mengunjungi sebanyak mungkin tempat yang ada di Jepang. Mengunjungi tempat-tempat yang relatif jauh dalam arti tidak bisa dijangkau dengan jalan kaki atau bersepeda, tentunya kita membutuhkan sarana transportasi lain. Alat transportasi yang utama di Jepang tentunya kereta api. Karena kendaraan ini bisa menjangkau hampir seluruh tempat yang ada di Jepang. Untuk bepergian dengan kereta api tentunya kita harus menyiapkan anggaran khusus. Terlebih onkos kereta api tidak bisa dibilang murah terutama untuk ukuran kantong mahasiswa seperti saya. Ongkos termurah kereta api antara 130 yen sampai 150 yen dari satu stasiun sampai satu, dua atau tiga stasiun terdekatnya. Untuk stasiun yang lebih jauh tentunya ongkosnya lebih mahal. Kondisi ini membuat saya sering mencoba untuk mencari informasi tentang kemungkinan adanya paket-paket perjalan murah berkereta api di Jepang. Usaha saya tidak sia-sia, akhirnya saya menemukan beberapa paket hemat tersebut melalui internet. Beberapa paket tersebut antara lain ( sebagian telah saya nikmati ) :

  1. Tiket kereta api 1 hari unlimited. Dengan tiket jenis ini kita bisa menggunakan kereta api tanpa batas selama sehari penuh ( jam operasinal kereta api yaitu dari jam 5 pagi sampai jam 1 malam ). Kita bisa keluar masuk di setiap stasiun yang kita suka ( dalam line/ jalur perusahaan  yang menawarkan paket ) berapa kalipun dalam satu hari tersebut.
  • Tiket one day open ticket dari perusahaan Tokyo Metro. Tokyo metro adalah satu dari dua operator kereta api bawah tanah utama di Tokyo. Dengan 9 line dan sekitar 170 an stasiun yang dilewatinya, kita bisa bepergian ke banyak tempat menarik di Tokyo seperti Akihabara, Shibuya, Harajuku, Sinjuku, Tokyo, Istana kaisar, Asakusa, Meiji temple, Yoyogi, Tokyo Dome city, Ropponggi hills, Ikakeburo, Ginza dan banyak lagi tempat-tempat lain. Ada dua jenis ticket yaitu 730 yen dan 1000 yen. Dengan 730 yen kita bisa mengguanakan kereta api di seluruh jalur Tokyo Metro. Sedangkan dengan paket 1000 yen, selain line Tokyo metro, kita juga bisa menggunakan kereta api yang dioperatori oleh perusahaan Toei line ( operator utama kereta bawah tanah lainnya ). Dengan paket ini kita bisa dengan leluasa melihat kemegahan stasiun-stasiun bawah tanah yang begitu menakjubkan.
  • Tiket one day open ticket dari operator Toei line. Toei line memiliki 4 jalur kereta bawah tanah. Dibeberapa stasiun bertemu dengan Tokyo metro line. Memiliki paket 710 yen dan 1000 yen. Dengan 710 yen kita bisa menggunakan kereta ap di seluruh jalur yang dimilikinya dan tiket 1000 yen merupakan kerja samanya dengan Tokyo metro. Tempat-tempat yang dijangkaunya tentunya lebih sedikit dibandingkan dengan Tokyo metro line. Tetapi operator ini memiliki paket yang menggabungkan perjalanan dengan menggunakan kereta api dan bus yang dimilikinya.
  • Tiket one day open ticket dari operator JR line. Mengoperasikan kereta di atas permukaan tanah. Memiliki jalur yang terkenal yakni jalur melingkar JR Yamanote line. Jalur ini melewati kota-kota utama di Tokyo yakni Tokyo, sinjuku, harajuku, shibuya, ikakeburo, shinagawa, sinbashi dan lain sebagainya. Jalur melingkar ini menurut saya lebih sederhana dibandingkan dua paket di atas. Memiliki dua jenis tiket yaitu 730 yen dan 1500 yen. Paket 730 yen adalah paket untuk jalur melingkar Yamanote line sedangkan paket 1500 yen merupakan paket Yamanote line plus.
  • Di samping 3 perusahaan utama di atas, terdapat banyak operator-operator kereta api yang menjangkau tempat-tempat di pinggiran Tokyo atau daerah penyangga. Perusahaan kereta api yang lebih kecil ini juga memiliki tiket-tiket hemat. Misalnya operator Tokyu corporate ( Yang biasa saya gunakan ) menawarkan paket hemat one day open ticket seperti paket 1000 yen ( Tokyu line dan Tokyo metro line ), paket 710 yen ( paket Yokohama dan minato mirai ) dan lain-lain.

2. Paket-paket perjalanan ke tempat yang lebih jauh dari Tokyo seperti Nikko, Tohoku atau yang lainnya. Operator JR memiliki    banyak paket-paket ini. Bagi pemegang visa kunjungan wisata, JR juga menawarkan paket-paket special. Untuk detail silahkan mengunjungi website resminya.

Selain memilih tiket-tiket hemat tersebut, beberapa tips dari saya bagi siapa saja yang ingin melakukan wisata di Jepang khusus di Tokyo adalah :

  • Kita harus menyiapkan kaki kita untuk melakukan perjalanan yang panjang. Baik perjalanan antara satu jalur ke jalur lain ketika pindah kereta ( terkadang bisa mencapai setengah kilometer atau hanya puluhan meter ) ataupun dari stasiun ke tempat objek wisata yang kita tuju. Jalan kaki sudah menjadi budaya orang jepang.
  • Sebelum bepergian, sangat dianjurkan agar kita melihat ramalan cuaca. Hal ini penting bagi kita apakah kita perlu membawa paying atau tidak.
  • Jalur kereta api di Jepang sangat kompleks dan sangat tidak mudah untuk dihafal. Penting bagi kita untuk selalu membawa peta jalur kereta api yang bisa kita dapatkan di stasiun kereta api.
  • Di stasiun-stasiun yang besar ataupun yang dekat dengan objek wisata biasanya disediakan peta denah lokasi yang sangat bermanfaat bagi kita.
  • Jika kita bingung jangan segan-segan untuk bertanya kepada petugas yang kita jumpai. Mereka akan dengan senang hati membantu kita.
  • Informasi tentang tempat-tempat wisata bisa dengan mudah diperoleh melalui website yang tersedia di internet. Tinggal mengetik kata kunci pada google seperti “ Tokyo sightseing “ dan lain sebagainya.

 

SO  SELAMAT  BERWISATA  DI  Tokyo ( Jepang )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: