SUBSIDI BIAYA KESEHATAN BAGI ANAK SAMPAI USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA OLEH PEMERINTAH JEPANG

SUBSIDI BIAYA KESEHATAN BAGI ANAK SAMPAI USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA OLEH PEMERINTAH JEPANG

              Baru saja saya menerima email jawaban dari bagian informasi kota Kawasaki, Jepang. Jawaban yang terdapat di dalam email saya tadi terkait dengan pertanyaan yang saya ajukan berkenaan dengan bantuan biaya kesehatan bagi anak-anak di Jepang. Beberapa waktu yang lalu saya pernah mendapat informasi tentang hal ini dari beberapa kenalan, tetapi informasi tersebut tidak begitu detil hanya sekilas saja. Guna mengetahui lebih lanjut tentang hal itu maka saya berinisiatif untuk menanyakannya langsung ke pemerintahan Kawasaki tempat saya berdomisili lewat layanan pertanyaan email yang memang pemerintah Kawasaki siapkan. Berikut saya sampaikan jawaban yang ada dalam email saya tersebut yang saya rasa sangat penting diketahui oleh siapa saja yang mungkin memerlukan.

              Pemerintah Kawasaki memberikan subsidi atas biaya kesehatan yang menjadi tanggungan pribadi masyarakat terhadap pengobatan bayi, anak-anak pra sekolah dan siswa sampai usia sekolah menengah pertama. Untuk mendapatkan subsidi ini, ada persyaratan yang diberlakukan tergantung kepada income/ pendapatan orang tua. Detil dari sistem ini sebagai berikut :

*  Siapa yang berhak?

Orang tua yang memperoleh income lebih tinggi juga dapat mengajukan aplikasi ( anak-anak harus memiliki/ terdaftar sebagai penduduk baik bagi masyarakat Jepang ataupun warga asing/ foreingner registration )

*  Cakupan subsidi

–          Untuk anak usia pra sekolah yang belum memasuki sekolah dasar, pemerintah kota Kawasaki akan mensubsidi beban biaya kesehatan yang menjadi tanggungan orang tua ( 20% ) atas biaya pemeriksaan rumah sakit ( rawat jalan dan inap ) yang termasuk ke dalam tanggungan/ dicover oleh asuransi kesehatan ( 80% biaya ditanggung oleh asuransi ). Check up kesehatan yang tidak dicover oleh asuransi tidak akan mendapatkan subsidi

–          Sama dengan poin sebelumnya, untuk anak usia sekolah dasar sampai menengah pertama, 30% Dari biaya kesehatan yang menjadi tanggungan masyarakat akan disubsidi ( 70% ditanggung oleh asuransi ). Biaya makanan, ruangan, dan biaya-biaya lain atas rumah sakit yang tidak dicover oleh asuransi tidak kan mendapatkan subsidi.

*  Persyaratan apa yang diperlukan

–          Health Insurance certificate

–          Personal seal (inkan), di Jepang setiap orang memiliki stempel pribadi yang bisa dibuat di tempat pembuatan stempel. Stempel ini memiliki fungsi yang sama dengan tanda tangan.

–          Proof of income/ earnings ( yang diterbitkan oleh municipal government ). Persyaratan ketiga ini tidak diperlukan untuk anak usia sampai 1 tahun

*  Bagaimana cara sistem bekerja ?

Setelah dinyatakan layak menerima melalui suatu penilaian, kepada aplikan diterbitkan medical care certificate. Ketika anak berobat/ mendapatkan perawatan medis, berikan medical care certificate tadi dan health insurance certificate kepada bagian counter yang melayani pembayaran. Umumnya kita tidak perlu membayar apapun atas perawatan medis tadi. Medical care certificate ini tidak bisa digunakan di luar Kanagawa prefecture ( Kawasaki adalah salah satu kota di Kanagawa Prefecture ). Dalam kasus kita tidak bisa mengunakan medical care certificate, sementara kita harus membayarnya terlebih dulu untuk selanjutnya bukti/kwitansi pembayaran tersebut dapat kita tagihkan ke local ward office ( local ward office adalah tempat dimana kita membuat KTP ).

*  Dimana tempat untuk mengajukan aplikasi?

Di bagian National Health Insurance and Pension Section di local ward office atau National Health insurance and Pension Section di Regional Health and Welfare Station

 

 

2 Tanggapan to “SUBSIDI BIAYA KESEHATAN BAGI ANAK SAMPAI USIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA OLEH PEMERINTAH JEPANG”

  1. Mksh banyak pak informasinya sangat bermanfaat sekali buat kami sekeluarga,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: